Sunnah Rasulullah Yang Dapat Kita Contoh Sesuai Kitab Fiqih

Baca Juga

Sunnah Rasulullah yang Dapat Kita Contoh Sesuai Kitab Fiqih yang patut kita teladani dalam kehidupan sehari-hari. Kita sebagai ummat islam sudah selayaknya mencontoh segala sesuatau yang di lakukan rosullah selama beliau hidup dunia. Dari segala sisi dapat kita contoh, dari cara bicaranya, cara bersikap pada teman dan lawan, dan cara bersosial.
Sunnah nabi Muhammad SAW sangatlah banyak, kali ini saya akan mengulas beberapa sunnah beliau yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari hari yang telah tertuang dalam kitab fiqih. Sebagai ummat islam tentu menginginkan pahala lebih dari allah, cara yang paling bagus dan mudah yaitu melakukan sunnah nabi.

  • Memiliki senyum yang menyenangkan selalu
Tersenyum telah terbukti meningkatkan hormon antidepresan alami, serotonin , menyebabkan orang yang memakai senyum menjadi lebih bahagia . Kita meremehkan kekuatan senyuman pada diri kita dan orang-orang di sekitar kita. Karakteristik ini sangat menular dan memainkan peran besar dalam membangun hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda. Pikiran dan sikap positif tak tergantikan dalam upaya menjadi produktif dan mencapai tujuan Anda dalam hidup. Tersenyum adalah tindakan yang sederhana dan murah yang membantu mengangkat suasana hati Anda dan membuat Anda merasa lebih bersyukur dan puas karena Nabi kita ṣallallāhu 'alayhi wa sallam (damai dan berkah dari Allah besertanya)sering terlihat melakukannya.

Bicara baik atau diam

  • Berbicara baik atau diam
Kita sering menemukan diri kita dalam situasi di mana kita duduk dan berbicara tentang hal-hal yang tidak menjadi perhatian kita. Kita menyia-nyiakan menit-menit yang berharga, bahkan berjam-jam, hanya dengan membicarakan hal-hal yang tidak akan meningkatkan kita dalam pengetahuan, karakter atau apa pun dalam hal itu. Ketika berbicara buruk tentang seseorang atau situasi, percakapan menjadi memanjang, sayangnya karena keinginan untuk bergosip. Keindahan sunnah khusus ini adalah bahwa itu akan membantu Anda menghemat waktu dan mengurangi jumlah energi yang digunakan untuk merenungkan hal-hal yang tidak relevan yang sedang dibahas. Energi dan waktu ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk sesuatu yang bermanfaat, seperti membaca Al Qur'an atau melakukan tugas-tugas penting, atau hanya berbicara hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain di dunia dan akhirat .

  • Mengunjungi orang sakit
Konsep mencari orang lain ditemukan di seluruh ajaran Nabi ṣallallāhu 'alayhi wa sallam (damai dan berkah dari Allah besertanya). Sedihnya, kami secara teratur menyadari orang-orang dalam lingkaran kenalan kami yang diuji dengan penyakit, besar atau kecil. Mengunjungi dan menghabiskan waktu bersama mereka memiliki dua manfaat besar. Anda mendemonstrasikan cinta terhadap orang lain, seketika mengencangkan ikatan kekeluargaan / pertemanan. Juga, untuk melihat seseorang yang tidak dapat berfungsi sebaik biasanya. Ini merupakan pengingat yang kuat bagi kita semua berkat kesehatan yang saat ini kita miliki dan terima begitu saja. Lain kali Anda mendengar seseorang yang sakit, cobalah yang terbaik untuk melampaui mengirimnya 'segera sembuh' dan praktekkan sunnah yang terlupakan: membuat upaya untuk hadir secara fisik dan menghibur mereka.

Baca juga : Adab menjenguk orang sakit dan keutamaanya

Apa Sunnah Rosullah Paling Mudah Dicontoh Dalam  ajaran Fiqih ?


Makan duduk

  • Duduk saat makan / minum
Mereka yang berdiri untuk makan atau minum selalu terlihat seperti sedang terburu-buru. Duduk untuk makan memperlambat seseorang dalam kebiasaan makan mereka, mengurangi jumlah yang akan mereka makan dan kecepatan yang tidak sehat di mana mereka melakukannya. Seperti disebutkan di atas, makan dengan sadar mencegah seseorang menjadi lelah karena ukuran perut mereka. Yang penting, makan bersama sebagai satu keluarga, yang mengharuskan Anda duduk, adalah cara yang sangat penting untuk membangun hubungan.

Baca juga : 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum makan menurut Nabi

  • Tidur dan bangun lebih awal
Pola tidur kita memainkan peran besar dalam kemampuan kita untuk berfungsi secara efektif di siang hari. Jam demi jam adalah hari yang paling diberkati. Mulai hari libur dengan berdoa shalat di pagi hari membuat Anda dalam kerangka berpikir yang benar untuk menjadi yang terbaik sepanjang hari. Namun, untuk naik pada jam-jam awal sangat penting untuk tidur lebih awal karena tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup.

Related Posts:

0 Response to "Sunnah Rasulullah Yang Dapat Kita Contoh Sesuai Kitab Fiqih"

Post a Comment