Keistimewaan dan Manfaat Air Zamzam

Baca Juga

Air Zamzam

Air zamzam merupakan suatu air suci yang berasal dari sebuah sumur yang terletak di sebelah Masjidil Haram, sumur ini memiliki kedalaman sekitar 427 meter.

Dalam cerita awal ditemukannya air zamzam dikisahkan bahwa air zamzam ditemukan pertama kali oleh Hajar sesudah berlari-lari bolak-balik antara bukit Shafa dengan bukit Marwah, atas tuntunan Malaikat Jibril, tatkala Nabi Ismail, putera Hajar, merasakan kehausan di tengah padang pasir, sementara persediaan air tidak ada keagungan lewat air Zamzam melewati perintah Allah Ta'ala. Maka Allah mengutus Malaikat Jibril.

Sesaat sesudah Jibril menghentak kaki - yang lantas menjadi lokasi Zamzam itu, ibunda Nabi Ismail menampung air yang mengalir dengan mencari tanah di dekat keluar airnya itu supaya air tersebut tak hilang saat dia ambil kantong minumnya. Rasulullah melanjutkan, "Andai ibu Ismail tidak menampung air itu, pasti sekarag sumur Zamzam telah jadi mata air yang mengalir."

Jibril lantas menceritakan bahwa lokasi tersebut kelak ialah Baitullah yang bakal dibangun Ibrahim AS dan Ismail AS. Peristiwa tersebut terjadi pada 1910 SM, 2572 tahun sebelum kelahiran Rasulullah, atau sekitar 4000 tahun yang lalu.

MUKJIZAT AIR ZAMZAM
Karena kesuciannya, air zamzam memiliki banyak mukjizat bagi umat manusia, berikut adalah mukjizat air zamzam.

Air Zamzam dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, ini sudah dinyatakan dalam beberapa riwayat. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Sesungguhnya, Zamzam ini air yang paling diberkati, iaialah makanan yang berisi gizi.” Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Air Zamzam berfungsi untuk apa saja yang diniatkan saat meminumnya.

Jika anda minum dengan maksud supaya sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya.

Jika anda minum dengan maksud agar merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau.

Jika anda meminumnya supaya hilang rasa hausmu, maka Allah bakal menghilangkan dahagamu itu. Ia ialah airdesakan tumit Jibril, minuman dari Allah guna Ismail.” (HR. Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Selain itu, air zamzam memiliki mukjizat lain seperti menghilangkan kuman pada tubuh, dan dapat membuat tubuh menjadi bersih dari sifat setan.

Related Posts:

0 Response to "Keistimewaan dan Manfaat Air Zamzam"

Post a Comment