Fadzilah menunaikan sholat 5 waktu

Baca Juga


Sudahkah anda sholat ?

Sholat, kata ini tentu sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Karena apa ? Karena semua umat muslim tentu diajarkan untuk menjalankannya.

Sholat itu merupakan hal yang wajib bagi umat yang beragama islam. Ketika , orang tersebut sudah mencapai baligh.

Dalam keadaan apapun , sholat tidak boleh ditinggalkan. Terkecuali, bagi wanita yang setiap bulan menerima tamu / sedang 'udzur.

Sholat itu wajib hukumnya karena sholat merupakan bagian dari rukun islam. Yaitu , syahadat , sholat, puasa , zakat , dan haji.

Nabi bersabda :

الصلاة عمادالدين . فمن اقمها فقد اقام الدين فمن تركها فقد هدام الدين
Artinya : "sholat itu merupakan tiang agama. Barangsiapa menjalankan sholat , berarti ia mendirikan agama. Dan barangsiapa meninggalkan sholat , berarti ia merubuhkan agama"

Mengapa demikian ?
Lebih jelasnya bisa digambarkan , dari rukun islam tadi.

Rukun islam 5 diibaratkan "tiang" .

Syahadat, syahadat itu hal yang mudah . Jadi ia mudah ditegakkan.

Sholat, sholat ini juga merupakan hal yang mudah ditegakkan/ dijalankan. Tinggal mau atau tidak.

Nah itu 2 "tiang" sudah berdiri untuk menegakkan agama islam.

Puasa, zakat, dan haji ini adalah perkara yang sulit untuk ditegakkan atau dijalankan.

Puasa itu merupakan hal yang wajib , namun tidak sedikit orang yang tidak mampu menjalankanya.

Zakat dan haji begitu pula. Masih banyak orang yang faqir, miskin , ibnu sabil dan sebagainya yang malah membutuhkan uluran tangan.

Maka dari itu , jika sholat ditegakkan , tiang agama tinggal 1 . Dan akhirnya , perlahan akan roboh.


Baca juga : 4 jenis sabar


Apa fadzilah / keutamaan sholat ?

Allah berfirman :

ان الصلاة كانت على الموءمنين كتابا موقوتا اى مفروضا
Artinya : sesungguhnya sholat untuk orang mu'min itu hukumnya wajib dan sudah diwaktu-waktu

Shahabat jabir meriwayatkan dari imam muslim, bahwa sholat itu bisa diumpakan lagi sebagai kolam.

Kalau dalam hadits sholat diumpakan sebagai bengawan.

Nah , kolam / bengawan itu berada disamping rumah kita. Lalu setiap hari kita mandi 5x (5 waktu) , di dalam kolam tersebut.

Apakah iya , kita masih kotor ?

Mengapa bisa diumpamakan demikian ?
Karena di dalam sholat itu ada bacaan - bacaan yang harus kita baca.

Diantaranya al fatihah dan juga sholawat. Nah untuk Fadzilah sholawat itu diantaranya bisa "menghapus dosa".

Dengan tidak sadar kita sholat 5 waktu , kita juga menghapus dosa. Meskipun itu dosa kita kepada Allah bukan dosa sesama manusia

Lalu secara logika saja atau teori kedokteran , aholat itu juga merupakan pelatihan kedisiplinan dan olahraga.

Ketika pagi hari , lagi pulas-pulasnya tidur , kita wajib bangun menjalankan sholat subuh. Tubuh kita dipaksa bergerak , berdiri , jongkok , merunduk.

Nah itu adalah olahraga yang secara tidak sengaja kita lakukan. Bayangkan bila kita hanya tidur , bangun langsung mandi lalu kerja , tak sempat kita olahraga. Dan juga biasanya kita terburu - buru dalam menyiapkan segalanya.



Dalam sabda nabi juga dijelaskan :

من حفظ على الصلاة اكرمه الله بخمس خصال يرفع عنه ضيق العيش وعذاب القبر ويعطيه الله كتابه بيمينه ويمر على الصراط كالبرق ويدخل الجنة بغير حساب
Artinya : " orang yang menjalankan / menjaga sholat Allah akan memberikan orang tersebut 5 kebaikan : 

  • Dihilangkan dari kesusahan hidup
  • Dihilangkan dari siksa kubur
  • Kelak di akhirat mendapatkan buku catatan dari tangan kanan
  • Melewati sirotol mustaqim seperti kilat yang menyambar
  • Masuk surga tanpa dihitung


Sholat memang merupakan hal yang mudah , dan juga tak banyak menyita waktu .

Cukup 5-10 menit saja sholat itu sudah selesai dilaksanakan.

Akan tetapi , pada kenyataanya , banyak orang yang belum menunaikan sholat atau sholat namun sering telat.

Sholat itu sudah ditentukan waktunya , dan ada batas waktu yang ditentukan. Jangan sampai 2 waktu sholat dikumpulkan dalam 1 waktu sholat.

Mari kita jaga sholat kita , dan sholatlah pada awal waktu.

Semoga bermanfaat.


Sumber : kitab irsyadul 'ibad


Related Posts:

39 Responses to "Fadzilah menunaikan sholat 5 waktu"

  1. Alhamdulillah, semoga orang-orang sering membaca artikel yang seperti ini, agar iman mereka menjadi tambah kuat :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin , semoga demikian kang . Niat baik juga akan terbalas pastinya

      Delete
  2. iya smoga sholat saya bisa menghapuskan dosa juga. emang sih, sholat cuma bentar doang, tapi kadang emang susah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang , pada mentingin duniawi dulu biasanya , lupa dengan yang ngeberi nikmat hidup siapa

      Delete
  3. Artilel bagus dan sangat bermanfaat nih gan

    ReplyDelete
  4. Saya selau berusaha solat 5 waktu tapi rasanya sulit banget ya

    ReplyDelete
  5. Ane sih klo masalh shalat masih ada problem, problemnya ya males hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe asal inget siapa yang ngasih nikmat hidup pasti mudah gan

      Delete
  6. Nice Gan :) Bermanfaat Banget Artikelnya

    ReplyDelete
  7. subhanallah artikel yang sanga bermanfaat amin. thanks sudah berbagi

    ReplyDelete
  8. terimakasih gan bermanfaat :D jadi tau ane,,

    ReplyDelete
  9. Hak akan kita dapatkan jika kewajiban telah kita laksanakan. Begitulah hukum alam termasuk hukum Tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget , suka minta tapi ga mau ngelakuin kewajiban lama lama laknat juga yang ia dapat ntar

      Delete
  10. Sangat bermanfaat.
    Thanks info ny

    ReplyDelete
  11. Sangat bermanfaat.
    Thanks info ny

    ReplyDelete
  12. semoga kita semua diberi keteguhan iman .aamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin mantapkan niat dan trus berusaha menjadi lebih baik

      Delete
  13. Terimakasih atas pencerahannya gan, bener banget tuh sholat tiang agama, alangkah baiknya jika kita mnunaikan shalat yang hanga beberapa menit saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang , sempetin buat taat menjalankan perintah-Nya

      Delete
  14. Waduh gan, ane masih putus putus, gmna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mantapkan niat , dan terus berusaha untuk tetap ingat dengan-Nya yang telah memberikan segalanya

      Delete
  15. Saya juga masih suka nunda2 gan, inshaallah saya akan memperbaiki gan

    ReplyDelete
  16. wah mantep nih jadi pengingat solat gan ...

    ReplyDelete
  17. Thanks infonya gan, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. solat 5 waktu, memang wajib dilakukan umat islam gan. jangan pernah ditinggal

    ReplyDelete
  19. Sholat juga membuat hati jadi tenang

    ReplyDelete